Api Unggun ? Pernah Kah anda Tahu Sejarahnya dan Bagaimana bentuknya ?




Api Unggun ? Pernah Kah anda Tahu Sejarahnya dan Bagaimana bentuknya ? - Mungkin Kakak Kakak sekalian sudah tidak asing dengan Apa itu dengan Api Unggun serta mungkin belum tahu ya. Apa Sejarahnya Api Unggun Kenapa bisa ada Api Unggun ya. 
Yuk Belajar bersama jadi Sejak zaman dahulu nenek moyang kita tidak akan pernah melupakan api unggun sebagai penghangat badan dan pengusir binatang buas. Disamping itu api unggun juga berguna sebagai media pertemuan untuk musyawarah, menghakimi pelanggaran, bergembira, pesta dan Pembinaan.

Cara berapi unggun nenek moyang kita itu perlu ditumbuh kembangkan dalam kegiatan Kepramukaan sebagai alat pendidikan. Namun akhir akhir ini banyak di salah fahamkan banyak pihak sampai ada yang pernah mengatakan Api Unggun di Haram kan hehe 

Saya sempat tersenyum sampai ada yang bilang Pramuka masa menyembah Api itu kan tidak boleh. Dalam Hal seperti ini kita harus tenang dalam menyikapi ya. Untuk menyikapi hal seperti itu ya kita jelaskan dengan pelan pelan bahwa Api Unggun bukan Perwujudan untuk Penyembahan Api atau acara yang sakral. 

Acara Api Unggun hanyalah sebagai Media Pembelajaran saja Guna untuk ajang Penghangat suasana di Suasana malam. dan di tambah dengan tujuan Api unggun yang sudah saya jelaskan di Atas. Selain itu bisa juga di Gunakan untuk Media Motivasi 

Api yang membara menandakan Semangat yang berkibar dan selalu semangat tidak meredup. serta mampu menjadi penghangat artinya Setiap Pramuka di ajarkan bagaimana menjadi manusia yang mampu membuat keadaan yang hangat di masyarakat. 

Dengan tingkah laku yang baik. Tutur kata dan nasehat yang Adem di hati. 

Sehingga menjadikan Pribadi yang baik. Akhir Akhir ini juga lagi ramai membahas Acara Api Unggun mau di hilangkan di karenakan itu merusak Alam. Akhirnya banyak kalangan Pramuka Protes Sehingga Menimbulkan Pro Kontra. 

Hemat Pikir saya memang ada betulnya namun alangkah baiknya. Ketika ingin membuat Api Unggun ya menggunakan Ranting Ranting yang sudah jatuh saja atau beli kayu kabar.  sehingga tidak perlu menebang Pohon yang sedang tumbuh baik. 

Tips sedikit dalam pembuatan Api Unggun di Usahakan di bawah Api Unggun di Lapisi Pasir dan Seng atau Dengan Tong sehingga tidak langsung bersentuhan dengan tanah karena bisa mematikan tanah tersebut. selain itu pembersihannya juga lebih mudah. 

Ada juga yang menarik akhir akhir ini bermunculan Api Unggun Elektrik. Sangat Menginspirasi bagi saya bisa membantu dan menjawab masalah saat ini. dan bisa di gunakan di Ruangan dan Lapangan Juga. 

Namun tidak semeriah seperti Api Unggun Kayu. tpi tergantung yang mengonsep kalau bisa membuat Acara Api Unggun semakin hikmat. kakak kira baik itu menggunakan Kayu ataupun Elektrik sama sama Bagusnya. 


a  Ada istilah yang selalu menjadi pertanyaan dan sering kali terjadi di Lapangan bahwa Api Unggun sering di Kaitkan dengan Upacara. Perlu kakak kakak sekalian ketahui bahwa Api Unggu adalah merupakan sebuah Acara bukan Upacara. ini adalah metode Pembelajaran yang ada di Alam. Jadi Perlu di Garis bawahi Api Unggun adalah acara bukan Apel ataupun Upacara. 
j    
   Sekarang banyak sekali Ide yang bermunculan dan tidak kalah hikmat bahkan lebih hikmat. Acara Api Unggun susunan acaranya pembawaannya dengan narasi bahasa indonesia bisa Narasi Bahasa Jawa atau susunan yang biasa di pakai namun di ganti dengan bahasa jawa dan di iringi musik. 
    
    kakak kira ini adalah hal yang sangat menarik bisa di terapkan di dalam Gugus Depan kakak untuk Acara Api Unggun agar Kemah bisa lebih Meriah Lagi. 
I
Baik Berikut akan kami Jelaskan Bentuk Bentuk Api Unggun 

Api Unggun Asli  adalah api unggun yang bahannya dari kayau bakar atau bahan bakar lain yang dapat menyala dengan besar dan diselenggarakan di tempat terbuka.

Api Unggun  Tiruan adalah api unggun yang bahannya dari lampu listrik, lampu teplok atau lilin.

Sifat-Sifat Api Unggun

Api Unggun Resmi 
Api unggun resmi adalah api unggun yang dilaksanakan untuk acara-acara resmi, misalnya pelantikan, pelepasan anggota Satuan dan sebagainya. Api unggun dilaksanakan dengan lebih khidmat, suasana gembira agak dikurangi.

Api Unggun Biasa
Api unggun biasa adalah api unggun yang merupakan rangkaian/bagian dari kegiatan besar, misalnya persami, jambore, raimuna dan sebagainya. Api unggun lebih bersifat hiburan, sehingga suasananya lebih gembira. Para peserta mendapatkan kesempatan untuk menampilkan atraksi secara spontanitas dan bebas namun batas norma-norma kesopanan dan ketertiban.


Macam-Macam Bentuk Api Unggun



2.   Syarat-Syarat Tempat Api Unggun

a.    Medan terbuka, misalnya lapangan yang cukup luas
b.    Permukaan tanah rata
c.    Tanahnya kering
d.   Suasana sekitarnya cukup tenang
e.    Terlindung dari tiupan angin kencang
f.     Apabila tempat api unggun berumput yang bagus, misalnya taman, maka rumput dipindahkan dulu dari tempat nyala api, atau diberi alas batang pisang.
g.   Hindari benda lain ikut terbakar (hutan)

3.   Nilai-Nilai Pendidikan Dari Api Unggun

a.    Mempererat persaudaraan
b.    Memupuk kerjasama (gotong royong)
c.    Meningkatkan rasa keberanian dan percaya diri
d.   Menciptakan suasana kebebasan dan kegembiraan
e.    Memupuk kedisiplinan
f.     Mengembangkan bakat

Terima kasih di sampaikan semoga Sedikit Wawasan Mengenai Api Unggun dapat bermanfaat. Jika ada Kritik dan saran  saya sangat senang sekali untuk menambah wawasan saya di Bidang Teknik Kepramukaan. 


===================================

Jika Ingin Lebih Bermanfaat. Bagikan !!! Agar Pramuka Indonesia semakin Keren, Gembira dan Asyik 
    ======================================================

No comments:

Powered by Blogger.